. Gospel Highway
Reformed Baptist Churches Malaysia
News &Updates

Archive
 
 
 

SIAPAKAH BAPTIS REFORM ITU?
Versi Cetakan PDF


SEJARAH
Selepas zaman para rasul, gereja-gereja terus berkembang di merata-rata tempat. Tahun demi tahun, banyak gereja mulai menyimpang dari ajaran Alkitab. Ketahyulan dan tradisi manusia disebarkan sebagai kebenaran. Peperangan dilancarkan atas nama agama Kristen. Kelucahan, penyembahan berhala, dan korupsi begitu berleluasa di negara-negara yang dinamakan Kristen. Orang Kristen benar merupakan minoritas yang teraniaya.

Pada abad ke 16, Tuhan memberi kebangkitan besar di Eropa yang menyebabkan banyak orang mencariNya dan merindukan kebenaran. Peristiwa itu dikenali sekarang sebagai Reformasi. Sungguh pun gereja-gereja yang lebih tua coba menghalang gerakan ini, gereja-gereja baru didirikan terus sampai abad ke 17.

Di Negri Inggris, gereja-gereja Baptis Khusus (Particular Baptist) muncul pada separuh pertama abad ke 17. Mereka dikenali sebagai Baptis karena, tidak seperti gereja reform yang lain, mereka berpegang kepada pembaptisan orang percaya dengan selam. Mereka dikenali sebagai Baptis Khusus karena, tidak seperti Baptis Umum, mereka berpegang kepada “penebusan khusus”, iaitu kepercayaan bahwa Kristus mati khusus untuk umat terpilih.

Bilangan gereja Baptis Khusus bertambah dengan pesat di Britania dan Amerika, sampailah mereka dipengaruhi hiper-Kalvinisme pada abad ke 18. Hiper-Kalvinisme memutar-belitkan doktrin kedaulatan Tuhan dengan menyangkal bahwa orang berdosa patut disuruh bertobat dan percaya kepada Kristus.

Mulai abad ke 19, semua gereja injili telah dilumpuhkan oleh kebangkitan modernisme. Golongan Baptis Khusus tidak terlepas dari ini. Modernisme (atau liberalisme) menyangkal supra-alami dan keajaiban atas nama kesarjanaan yang angkuh. Suatu tekanan yang mementingkan manusia menetap pada gereja-gereja. Kelalaian dan pandangan rendah terhadap otoritas Alkitab yang berleluasa membolehkan gerakan kharismatik menyebar dengan pantas pada abad ke 20, termasuklah amalan tersendiri mereka seperti berbicara dalam bahasa roh, bernubuat, penyembuhan, tari-tarian, penggunaan musik yang kuat, dll.

Suatu kebangkitan minat akan teologi Reform bermula dari tahun 1960an, yang pada mulanya berpusat di Britania dan Amerika. Kebangkitan ini menyebar ke seluruh dunia, sehinggalah terdapat suatu gerakan reform di hampir seluruh pelosok dunia pada masa sekarang. Aliran Baptis dan Presbiterianlah yang paling banyak bermanfaat dari pemulihan ini. Gereja-gereja Baptis Khusus yang lebih tua terbangkit dan gereja-gereja Baptis Reform yang lebih baru telah didirikan, sehingga kedua-dua aliran ini bergabung membentuk suatu aliran sedunia.

CIRI-CIRI KHUSUS
Kepercayaan kaum Baptis Reform diringkaskan dalam Pengakuan Iman Baptis London 1689. Dalam dokumen ini doktrin-doktrin utama Alkitab dinyatakan dengan jelas lagi padat, malahan dengan cukup lengkap sehingga menjadi suatu buku penunjuk yang berfaedah dalam zaman kedangkalan dan kekeliruan ini.

Selain mengacu kepada dokumen ini, bagaimanakah boleh kita menggambarkan orang Baptis Reform? Orang Baptis Reform dapat dikenali melalui tekanan-tekanan berikut:

Kedaulatan Tuhan: Tuhan adalah mahakuasa dan mengawasi secara mutlak: dalam kejadian, sejarah dan keselamatan. Sejak sebelum penciptaan dunia, Tuhan telah menentukan keselamatan segolongan individu yang tertentu. Mereka dipanggil “umat terpilih”. Setiap orang dilahirkan berdosa dan tidak berupaya membuat apa-apa yang baik untuk diterima oleh Tuhan. Tuhan memanggil umat terpilih dari dunia dengan proklamasi injil, dan menukarkan sifat mereka dengan kuasa Roh Kudus supaya mereka secara rela berpaling kepada Kristus untuk diselamatkan. Kristus mati sebagai korban sempurna menggantikan umat terpilih, dan bangkit semula dari kematian untuk memberi kehidupan kekal kepada mereka. Oleh itu, keselamatan adalah pemberian gratis Tuhan, bukan perolehan upaya manusia, yang di terima dengan iman didalam Kristus. Pengertian keselamatan ini telah dipanggil “Kalvinisme”.

Keunggulan firman Tuhan: Kitab Suci adalah satu-satunya otoritas dalam semua hal mengenai iman dan amalan. Pengkhotbahan harus diutama dalam kebaktian. Alkitab mesti dikhotbahkan dengan cara penghuraian, iaitu dengan memberikan erti dan kegunaan yang betul, dan ditujukan kepada hati nurani para pendengar.

Kesucian penyembahan: Penyembahan Tuhan mesti dilakukan “dalam roh dan kebenaran”, iaitu dengan keikhlasan hati dan sesuai dengan firman Tuhan. Apa-apa yang diperintahkan harus diikuti, manakala apa-apa yang tidak diperintahkan harus ditolak. Inilah yang kadang-kadang dipanggil “prinsip pengaturan”. Penyembahan harus mementingkan Tuhan, sementara sipenyembah memelihara jiwa yang menghormati, gembira, mesra, dan mengasihi.

Kesucian gereja: Gereja setempat itu sentral dan unik dalam rencana Tuhan. Orang percaya yang telah dibaptiskan secara sukarela mengikat perjanjian bersama-sama sebagai gereja untuk menyembah dan melayani Tuhan. Tanggungjawab yang tinggi diwajibkan dari anggota-anggota, akan tetapi tidak melebihi apa yang diajar dalam Alkitab. Kemampuan di antara anggota adalah berbeda-beda, akan tetapi Yamtuan hanyalah menuntut apa yang mampu, bukannya lebih dari itu. Dengan pengawasan pengembalaan dan peraturan jemaat, keanggotaan jemaat dipelihara supaya sihat dan suci. Sungguh pun tidak terdapat jemaat yang sempurna didalam dunia, itu tidak bermaksud sesebuah jemaat harus dibiarkan merosot dalam kerohanian.

Kemuridan radikal: Orang Baptis Reform berpegang serius kepada kebenaran bahwa mereka telah dibeli dengan darah Kristus. Mereka dimiliki Tuhan dan ingin memuliakan Tuhan dengan hidup yang sesuai dengan Alkitab, walau pun melibatkan kerugian besar pada diri sendiri. Mereka bukan pelampau yang suka akan keganasan, dan juga bukan fanatik yang menganggu ketenteraman awam. Karena sadar bahwa mereka telah diperdamaikan dengan Tuhan, mereka giat membimbing orang supaya percaya kepada Kristus. Mereka tidak mengaku sendiri sempurna tetapi, dengan bersandar kepada Tuhan, mencoba hidup kehidupan yang kudus.

Apakah perbedaan orang Baptis Reform dengan orang injili yang lain?
Memang terdapat gereja injili yang sangat mengasihi Yamtuan dan diberkati secara besar olehNya. Gereja semacam itu menjadikan kami malu dan mendorong kami supaya hidup lebih baik untuk Yamtuan. Namun demikian, adalah benar bahwa kebanyakan orang injili lemah sekali pada kelima-lima perkara di mana Baptis Reform kuat. Banyak orang injili berpendapat bahwa adalah mencukupi sekadar beriman didalam Kristus, berdoa, dan mencoba menangi jiwa untul Kristus. Mereka juga berpegang kepada pengertian yang kurang utuh mengenai kedaulatan Tuhan dan otoritas Alkitab. Banyak juga yang telah mengalah kepada ajaran dan amalan kharismatik, dan berkompromi dalam kebenaran dengan bergabung bersama gerakan oikumenis.

Apakah perbedaan orang Baptis Reform dengan orang Kristen reform yang lain?
Terdapat Kristen reform yang berpegang kepada pembaptisan anak kecil, karena mereka percaya bahwa anak-anak orang percaya harus dianggap sebagai anggota gereja dan oleh itu dibaptiskan. Mereka membaptiskan dengan percikan dan bukan dengan selam. Pembaptisan anak kecil membawa kepada keanggotaan gereja campur, iaitu yang terdiri daripada orang percaya dan orang tak percaya.

Sesetengah gereja mengaku diri mereka “reform” pada hal mereka tidak menghargai Reformasi atau pun kebenaran-kebenaran yang dipulihkan pada waktu itu. Gereja yang lain pula berpegang kepada beberapa kebenaran itu tetapi enggan bermara lebih dari itu. Kami tidak menggunakan perkataan “reform” menurut pengertian-pengertian itu.

Apakah perbedaan orang Baptis Reform dengan orang Baptis yang lain?
Seperti orang injili yang lain, kebanyakan orang Baptis bukan reform adalah Arminianis sepenuhnya atau pun mereka berpegang kepada Arminianisme yang termodifikasi. Arminianisme mengajar bahwa Kristus mati untuk setiap individu dalam dunia, dan setiap orang mempunyai kehendak bebas yang perlu digunakan untuk “menerima Kristus” supaya terselamat.

Apakah hubungan gereja Baptis Reform dengan gereja injili yang lain?
Kami mengakui gereja yang lain sebagai gereja benar Yesus Kristus jika dasar iman dipegang oleh mereka. Pembatasan masa, keupayaan, dan peluang bermaksud kami terkena mempraktekkan persaudaraan memilih dengan orang lain. Kebenaran menjadi penentuan derajat kedekatan yang dijalinkan dengan gereja yang lain. Semakin banyak kebenaraan yang diakui bersama, semakin dekat persaudaraan kami, dan sebaliknya. Oleh itu, persaudaraan kami yang paling dekat ialah dengan gereja Baptis Reform yang lain, diikuti dengan gereja reform yang lain, dan barulah dengan gereja injili yang lain.

Bagaimanakah gereja-gereja Baptis Reform saling bersaudara?
Kami mempunyai kesamaan ajaran dan amalan, sungguh pun tiada keseragaman yang membosankan pada gereja-gereja. Banyak gereja terhubung dalam cara yang tertentu, sambil membagi sumber untuk saling mendukung, melatih pendeta, dan menanam gereja. Anggota-anggota gereja ada peluang bertemu di perkhemahan gereja, konferensi, dan pertemuan serantau yang lain yang diadakan sekali sekali.

Apakah yang patut saya buat untuk mengetahui lebih lagi mengenai Baptis Reform?
Hadirilah pertemuan mingguan gereja Baptis Reform yang terdekat padamu secara sering, untuk seketika waktu. Tanyakanlah anggota-anggota gereja dan penatua-penatua. Mereka akan dapat menerangkan dengan lebih lanjut lagi kepadamu, dan menolong anda dapatkan buku-buku yang disarankan di bawah.


Bacaan yang disarankan:
1. What is a Reformed Baptist Church? oleh B. S. Poh (Good News Enterprise).

2. The Five Points of Calvinism, oleh J. Seaton (Banner of Truth Trust).

3. Today’s Gospel, oleh Walter Chantry (Banner of Truth Trust).

4. A Journey in Grace, oleh Richard Belcher (Grace & Truth Books).

5. Laman web < www.ghmag.net >.

~ ~ ~ ~ ~
Ke Atas